Monday, September 07, 2009

SIAPE AKMAL?

kisah nama jalan di baturaja

boleh jadi kite sangat mengenal jend sudirman, pangeran diponegoro atau bahkan pattumura yg berasal nun jauh di timur indonesia sana. tapi kenalkan kita AKMAL,--pahlawan asli oku-- yg jalannya selalu kita lewati?

AKMAL adalah suami dari puteri tertua keturunan pangeran natamarga, pasirah marga warkuk, daerah banding agung. AKMAL bersekolah di jakarta dan bersahabat dekat dengan tokoh pergerakan kebangsaan seperti Ki Hadjar Dewantara, Agus Salim, Soekarno dan lain-lainnya. AKMAL juge pendiri partai serekat islam indonesia sumsel.


AKMAL serdadu sejati. die dibesarkan di banding-ranau yg merupakan keturunan bangsawan dan sangat membenci penjajah. sewaktu jepang masuk, beliau inilah yg menghabisi pasukan jepang di ranau-maradua. saking betalnye jepang, AKMAL diburu dan dusunnye dikepung. krn endak jeme dusun jadi sasaran, AKMAL muncul menyerahkan diri. konon, beliau ini kebal peluru. jepang punye sikok care utk membuatnye mati, yaitu menyeretnye di jalan dan memasukkannye ke dalam karung. masyaallah!

pertempuran hebat yg pernah dikomandani AKMAL adalah pertempuran dg jepang di dusun (aku lupe namenye) tp antara cipatuhu dan banding. dl waktu aku milu napak tilas pemuda thn 1989 bejalan endai ranau ke baturaje para legiun veteran nunjukkan gok kami dimane tempat pertempuran itu.

cucu AKMAL mak ini adalah pangeran edward syah pernong yg pernah menjadi kapolres jakarta barat dan mak ini menjabat kapolwiltabes semarang.

amen kite membace buku-buku sejarah, akan ade hubungan antara perjuangan AKMAL, RYACUDU (baknye ryamizard) sampai ALAMSYAH RATUPRAWIRANEGARA, mantan menteri agama jaman orba. mereka pejuang yang mengukir namenye sampai terbentuk kesatuan garuda hitam yg sekrg berada di lampung.

No comments:

Post a Comment